Jumat, 14 Desember 2012

MENSTURASI



        Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan istilah mensturasi ya! Mensturasi adalah yang menandakan kalau cewek sudah memasuki masa puber. Haid atau mensturasi yang pertama kali biasanya dialami sekitar usia 10 tahun. Bisa juga lebih dini dan bisa juga lebih lambat. Usia muda terjadinya mensturasi yaitu usia 9 tahun, dan usia tertuanya adalah 17 tahun.
           Kita mungkin pernah mendengar pembicaraan orang-orang di sekitar kita, bahwa cewek-cewek sekarang ini sudah pada cepat mengalami mensturasi. Jadi, Semakin hari usia rata-rata mensturasi memang semakin dini, karena keadaan gizi yang semakin membaik sehingga mempercepat kesiapan tubuh untuk mulai mensturasi. Selain itu, info tentang seks yang semakin mudah diperoleh juga memicu otak untuk segera mengaktifkan hormon seksual.
o   Sebenarnya apa sih yang terjadi, kok bisa ada mensturasi?
            Sejak masa pubertas, hormon-hormon seksual kita mulai aktif mengatur fungsi reproduksi kita, jadi semua prosesnya udah mulai berjalan, salah satunya yaitu mensturasi.
            Yang ikut serta kerja bakti dalam soal haid adalah indung telur, sel telur, dan endometrium (dinding rahim terluar).
            Mungkin kita udah ngerti bahwa sel telur itu adalah sel kelamin pada cewek. kalo sel telut ketemu sel sperma (sel kelamin dari cowok), maka ia bisa berkembang menjadi bayi. Ketemunya sel telur dengan sel sperma disebut pembuahan.
            Sel telur ini disimpan di indung telur sejak kita masih berupa janin. Sejak pubertas, indung telur akan melepaskan sel telur dalam waktu sebulan sekali. Dan yan dimatangkan Cuma satu sel telur saja, lalu dikeluarkan lewat saluran sel telur. Di sinilah sel telur menunggu pangeran spermanya dateng untuk membuahinya.
            Endometrium adalah lapisan penuh berisi darah, tempat tertanamnya hasil pembuahan, agar bisa berkembang menjadi janin, secara berkala, endometrium mengalami penebalan buat persiapan bila ada pembuahan. Kalau yang ditunggu (sel sperma) nggak muncul, maka lapisan itu akan luruh. Inilah yang disebut mensturasi.
Jadi, Jika Kita Sudah Mengalami Mensturasi, Itu Menandakan Bahwa Kita Sudah Mampu Untuk Melahirkan Bayi.
o   Trus, gimana dengan rasa nyeri yang terjadi saat menjelang mens?
            Banyak cewek yang mengalami nyeri sebelum mens, ada yang pusing, mual, pegel-pegel, sakit perut, bahkan ada pula yang sampai pingsan. Kasian yah? hehe…
            Kalo sakitnya masih bisa ditahan, masih bisa disebut normal, itu akibat kontraksi dinding rahim dalam rangka merontokkan endometriumnya. Tapi kalau sampe pingsan atau sakit yang luar biasa mengganggu aktivitas kita, perlu diperiksa ke dokter, karena gaya mensturasi yang kayak gini bisa berbahaya kalau dibiarin aja.
o   Gangguan emosi saat mensturasi
       Selain nyeri fisik, banyak juga remaja yang mengalami gangguan emosi seperti mudah tersinggung, males-malesan, bahkan sedih tanpa sebab yang pasti.
            Para ahli mengatakan bahwa ini terjadi akibat perubahan keseimbangan hormon-hormon seksual pada saat mensturasi. Selain itu, secara logis juga emosi kita terpengaruh karena adanya gangguan-gangguan seperti keram, pegal-pegal, dan gejala nyeri lainnya seperti yang sudah dipaparkan di atas.

Daftar Pustaka: Anonim. 2012. Mensturasi dan Keputihan, Mataram: PKBI NTB

0 komentar:

Posting Komentar